Bagaimana Prinsip Cream Pemutih?

Oleh

Prof. Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah
Lotion sunscreen maupun cream pemutih mengandung partikel sejenis, yaitu material semikonduktor dengan lebar celah pita energi minimal 3 eV. Contohnya ZnO dengan lebar celah pita energy 3,1 eV dan TiO2 dengan lebar celah sekitar 3,2 eV. Penggunaan material ini dimaksudkan agar menyerap komponen ultraviolet dari cahaya yang jatuh ke kulit sehingga kulit terhindar dari radiasi ultraviolet. Lebar celah pita energi di atas berkaitan dengan panjang gelombang sekitar 400 nm. Jadi ZnO dan TiO2 menyerap cahaya dengan panjang gelombang kurang dari 400 nm.

Apa beda partikel dalam lotion sunscreen dan cream pemutih? Bendanya adalah dalam ukuran partikel. Di samping menyerap ultraviolet, partikel tersebut juga menghamburkan cahaya. Warna yang kita amati adalah warna cahaya yang dihamburkan partikel tersebut. Panjang gelombang cahaya yang dihamburkan partikel secara efektif sangat bergantung pada ukuran partikel. Secara sederhana, partikel menghamburkan cahaya paling efektif jika panjang gelombang cahaya kira-kira sama dengan diameter partikel (persamaan hamburan Mie).

Jika menggunakan partikel dengan diameter sekitar 100 nm atau lebih kecil (nanopartikel) maka cahaya yang dihambur memiliki pangang gelombang kurang dari 100 nm. Namun di atas sudah dijelaskankan bahwa ZnO dan TiO2 akan menyerap cahaya dengan panjang gelombang kurang dari 400 nm. Dengan demikian tidak ada cahaya yang dihamburkan. Cahaya yang akan dihamburkan sudah terlebih dahulu diserap oleh partikel. Karena tidak ada cahaya yang dihambur maka penggunaan partikel ini pada lotion hanya menyerap UV (lotion sunscreen).

Jika diameter partikel kira-kira sama dengan paanjang gelombang cahaya putih (400 – 600 nm) maka partikel ini menyerap UV sekaligus menghamburkan cahaya putih. Penghamburan cahaya putih menghasilkan efek warna putih pada mata. Oleh karena itu, partikel dalam ukuran ini (submirometer) digunakan pada cream pemutih. Menyerap spectrum UV sekaligus memberi kesan putih di kulit.

Jadi nanopartikel TiO2 dan ZnO digunakan pada lotion sunscreen yang tidak menghasilkan efek pemutih.

Jadi submicron partikel TiO2 dan ZnO digunakan pada cream pemutih.

pemutih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s