Gel pada USG

Oleh

Prof. Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah

Yang pernah USG di rumah sakit atau laboratorium klinik tentu tahu bahwa saat probe USG digerakkan pada bagian tubuh, maka semacam gel dioleskan terlebih dahulu. Apa manfaat gel tersebut?

Bunyi adalah gelombang. Ketika berpindah dari satu medium ke medium lain maka selalu terjadi transmisi dan pemantulan. Untuk gelombang bunyi, jumlah gelombang yang dipantulkan bergantung pada selisih impedansi medium pertama dan medium kedua. Agar deteksi USG akurat, diharapkan gelombang yang dipantulkan sekecil mungkin.

Gelombang ultrasonic pada transducer USG berasal dari bahan piezoelektrik. Impedansi bahan piezoelektrik sekitar 2,9 x 10^7 kg/m2 s. Sedangkan tubuh manusia memiliki impedansi rata-rata 1,63 2,9 x 10^6 kg/m2 s. Jadi terdapat perbedaan impedansi yang sangat besar. Jika gelombang ultrasonik dari transducer langsung diarahkan ke tubuh maka terjadi pemantulan gelombang yang cukup besar, dan hanya sedikit yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, sinyal yang dipantulkan bagian dalam tubuh menjadi kecil dan deteksi menjadi kurang akurat.

Untuk memperbanyak gelombang masuk ke tubuh maka diselipkan material lain antara transducer dan tubuh. Salah satu material tersebut adalah gel. Untuk memaksimalkan penetrasi gelombang ke dalam tubuh maka impedansi gel harus tertentu. Dan penetrasi terbaik diperoleh jika impedansi gel sama dengan akar perkalian impedansi transducer dan impedasi tubuh. Rumus ini mirip dengan indeks bias lapisan coating pada lensa yang memiliki indeks bias sama dengan akar perkalian indeks bias lensa dan inedks bias udara.

Gel pada USG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s