Dunia Pesawat

Oleh

Mega

Kelas X-ANALIS KIMIA SMK NUSA BHAKTI BANDUNG  

Pesawat?? Pasti kalian udah sangat kenal sama kendaraan yang satu ini. Dan mungkin diantara kalian juga udah ada dong yang pernah naik pesawat atau sekedar ngeliat pesawat yang lagi terbang di atas rumah kalian. Sekarang kita ulik sedikit nih tentang dunia pesawat.

Sejarah pesawat

Perjalanan pesawat terbang dari awal mula terciptanya hingga sampai ke bentuk yang sekarang ini cukup panjang yaitu hampir 100 tahun lebih. Bahkan ada yang mengatakan bahwa ide membuat pesawat terbang sudah ada sejak tahun 200 SM. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya gambar-gambar pada balok atas penyangga langit-langit sebuah ruangan kuil kerajaan Mesir Kuno. Selain itu pada tahun 1898, dari sebuah makam kuno di Saqquara, Mesir, yang diperkirakan dibuat pada 200 SM, juga telah ditemukan sebuah replika pesawat yang bentuknya mirip dengan pesawat terbang modern. Sejarah awal terciptanya pesawat terbang yang populer di masyarakat adalah ketika seabad silam Orville Wright berhasil menerbangkan sebuah pesawat kecil di North Carolina, Amerika Serikat. Namun, penerbangan itu cuma berlangsung selama 12 menit. Walau hanya sebentar ini merupakan penerbangan pertama dengan pesawat terbang bermotor. Selain itu, penerbangan perdana ini juga merupakan moment penting yang membuka jalan menuju era penerbangan modern.

Sejarah telah mencatat bahwa penemu pesawat terbang adalah Wilbur Wright dan Orville Wright atau kadang orang-orang menyebut mereka Wright bersaudara. Ketika itu, Wright bersaudara mengamati bagaimana burung memainkan sayapnya untuk menjaga keseimbangan di udara. Mereka akhirnya memiliki ide untuk menciptakan sesuatu menyerupai burung yang menggunakan sayap agar bisa diterbangkan di udara.
Percobaan demi percobaan pun dilakukan dan kemudian pada tahun 1903 percoban mereka mendekati sempurna. Akhirnya pada tahun 1908 Wright bersaudara mampu membuktikan ke masyarakat umum bahwa mereka mampu menerbangkan pesawat buatan mereka. Wilbur Wright menerbangkan pesawatnya ke Perancis, dan membuat demonstrasi akrobatik di udara. Dia juga membuat perusahaan untuk memasarkan hasil ciptaannya. Sejak keberhasilan Wright bersaudara menerbangkan pesawat bermotornya, teknologi penerbangan maju dengan cepat.
Sebenarnya sebelum Wright bersaudara ada beberapa orang yang telah berusaha menciptakan pesawat terbang. Tapi hasil upaya mereka tidak secemerlang Wright bersaudara. Pada akhir tahun 1840-an misalnya, Sir George Cayley dari Inggris membuat pesawat terbang layang yang bisa mengangkut satu orang ketika mengudara setelah ditarik.
Kemudian pada tahun 1890-an, seorang warga Jerman, Otto Lilienthal mengudara dengan pesawat gantole dari puncak bukit. Pada tahun 1947, terjadi kemajuan yang sangat berarti. Pilot asal Amerika, Chuck Yeager berhasil menerbangakn pesawat melebihi kecepatan suara. Padahal sebelumnya, orang sangat yakin bahwa pesawat tidak akan mungkin terbang lebih cepat dari kecepatan suara.

Cara kerja mesin pesawat jet.

Nah,kalian pasti udah nggak asing lagi kan sama yang namanya pesawat jet. Tapi ngomong-ngomong gimana yah cara kerja mesin pesawat jet ini??? Jet mesin pesawat bergerak ke depan dengan kekuatan besar yang dihasilkan oleh dorongan luar biasa dan menyebabkan pesawat terbang sangat cepat.
Semua mesin jet, yang juga disebut turbin gas, bekerja pada prinsip yang sama. Mesin mengisap udara di di depan dengan kipas. Sebuah kompresor menaikkan tekanan udara. kompresor ini terdiri dari banyak kipas dengan pisau dan melekat pada suatu poros. Pisau memampatkan udara. Udara yang dikompresi kemudian disemprot dengan bahan bakar dan percikan listrik lampu campuran. Gas-gas pembakaran memperluas dan ledakan keluar melalui nozzle, di bagian belakang mesin. Sebagai jet gas menembak ke belakang, mesin dan pesawat didorong ke depan.
Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana udara mengalir melalui mesin. Udara berjalan melalui inti mesin serta sekitar inti. Hal ini menyebabkan beberapa udara menjadi sangat panas dan sedikit lebih dingin. Udara dingin kemudian bercampur dengan udara panas di pintu keluar daerah mesin.

Ilustrasi

Gambar di atas menunjukkan bagaimana mesin jet akan terletak di pesawat militer modern. Dalam mesin jet dasar, udara memasuki asupan depan dan dikompresi (kita akan lihat bagaimana kemudian). Kemudian udara dipaksa masuk ke ruang pembakaran di mana bahan bakar disemprotkan ke dalamnya, dan campuran udara dan bahan bakar dinyalakan. Gas yang membentuk berkembang dengan cepat dan kelelahan melalui bagian belakang ruang pembakaran. Gas tersebut mengerahkan kekuatan yang sama dalam segala arah, memberikan dorongan ke depan saat mereka kabur ke belakang. Sebagai gas-gas meninggalkan mesin, mereka melewati satu berbentuk kipas set baling (turbin), yang berputar poros yang disebut poros turbin. Poros ini, pada gilirannya, berputar kompresor, sehingga membawa di fresh supply of udara melalui asupan. Di bawah ini animasi terisolasi jet engine, yang menggambarkan proses aliran udara, kompresi, pembakaran, udara keluar dan poros rotasi hanya dijelaskan.

10 pesawat tercepat di dunia

  1. Space Shuttle
    Kalian mungkin sudah pada tahu apa itu SPACE SHUTTLE! Betul banget.. mesin yang digunakan sebagai roket pendorong untuk pesawat ulang alik. Roket pendorong ini pertama kali dibuat oleh NASA pada 1981. Dan memiliki kecepatan 20.000 mil per jam, sedangkan kecepatan rata-ratanya adalah 17.500 mil per jam.
  2. X-43A
    Pesawat ini dibangun oleh NASA, dan digunakan pada waktu-waktu tertentu, misalnya untuk tujuan observasi, mata-mata dan lain sebagainya. Pesawat ini berhasil memecahkan rekor dunia penerbangan berkecepatan tinggi pada bulan November 2004, yaitu 7.500 mil per jam.
  3. X-15
    Pesawat ini juga merupakan pesawat yang dirancang oleh NASA dan “X” menunjukkan bahwa pesawat tersebut adalah pesawat eksperimental. Dibuat kembali pada 1959. Pesawat ini mampu melesat pada kecepatan rata-rata 4.510 mil per jam.
  4. SR-71 Blackbird
    Pesawat ini didesign oleh Clarence Kelly Johnson pada tahun 1966. Yang kemudian dikembangkan oleh Amerika Serikat di bawah pengawasan NASA. Pesawat ini mampu melesat dengan kecepatan 2.200 mil per jam.
  5. MiG-25R Fox Bat-B
    Dikenal dengan sebutan Mikoyan-Gurevich, yang di bangun pada tahun 1960 oleh Rusia. Pesawat ini adalah salah satu yang menjadi andalan angkatan-angkatan udara Aljazair dan Suriah. Pesawat ini sengaja dibuat sebagai jawaban atas pembuatan pesawat Mack 3 dari Amerika Serikat. Pesawat ini mampu melesat pada kecepatan hingga 2000 kilometer per jam.
  6.  X-2
    Dikenal sebagai “star buster”, juga merupakan pesawat eksperimental yang dibuat pada tahun 1955 yang diproduksi oleh amerika serikat. Pesawat ini memiliki kecepatan hingga 1.900 kilometer per jam.
  7.  XB-70 Valkyrie
    Ini adalah sebuah pesawat pembom strategis pertama kali yang dimiliki di Amerika Serikat dan mampu melakukan perjalanan ke hampir seluruh bagian di dunia. Pesawat ini mampu melesat pada kecepatan rata-rata 1.890 kilometer per jam.
  8.  F-15 Eagle
    Awalnya dibangun oleh Amerika Serikat untuk tujuan dapat melesat ke tempat-tempat berjarak jauh seperti Jepang, Arab Saudi dan Israel. Di bangun pada tahun 1972. Pesawat ini mampu melesat dengan kecepatan rata-rata 1.875 kilometer per jam.
  9. MiG-31 Foxhound
    MiG 31 adalah pesawat yang dirilis yang lebih baru dari pada MiG 25. Pesawat ini mampu melesat pada hingga 1.750 kilometer per jam.
  10. F-111 Aardvark
    Pesawat ini adalah pesawat pembom-tempur yang yang di buat oleh angkatan udara Australia. Kecepatan rata-rata pesawat ini adalah 1.650 kilometer per jam.

Pesawat antariksa pertama bertenaga surya

Kali ini badan antariksa asal Amerika Serikat berhasil menciptakan pesawat ruang angkasa pertama yang berbasis tenaga surya.

Nano Sail-D

Awalnya memang terdengar seperti cuplikan cerita fiksi ilmiah. Tapi, kini NASA telah membuat pesawat ruang angkasa tak berawak tanpa bahan bakar mineral.

Tak seperti pesawat ruang angkasa lainnya, NanoSail-D yang menyerupai bentuk layangan berukuran relatif lebih kecil dan orbitnya tidak terlalu tinggi dari atas permukaan Bumi.

NanoSail-D menggunakan tekanan radiasi matahari untuk membuatnya bergerak dan terbang dengan kecepatan tinggi. NASA mengatakan bahwa satelit mungil ini hanya sebesar 100 kaki persegi dan beroperasi sesuai rencana.

“Satelit NanoSail-D mengibarkan layar seluas 100 kaki dan beroperasi secara normal,” menurut pernyataan dari Marshal Space Flight Center di Huntsville, Alabama.

Sebetulnya NanoSail-D telah dilepas ke angkasa sejak 20 Januari 2011 lalu.

Namun, hari itu tidak bisa dijadikan sebagai hari pertama ia terbang sampai NASA berhasil menerima frekuensi berupa paket data dari NanoSail-D, yakni lima hari setelahnya.

“Ini adalah kali pertama NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa dengan orbit terendah di permukaan Bumi,” kata Dean Alhorn, jurubicara NASA, seperti diberitakan Dailymail.

“Kami sangat senang bahwa layar tersebut berhasil dikembangkan oleh satelit NanoSail-D,”

NanoSail-D akan terus mengirim sinyal suar hingga baterai di dalamnya habis. Diperkirakan ia akan terbang mengorbiti Bumi sampai 70-120 hari ke depan, tergantung pada kondisi atmosfer.

NanoSail-D sengaja dirancang untuk sebagai demonstrasi teknologi berbasis tenaga surya untuk pesawat ruang angkasa. Jika berhasil, teknologi ini diharapkan dapat menjadi alternatif lain dalam teknologi pengorbitan.

Sebagai bagian dari eksperimen yang menggunakan layar untuk memperlambat dan mempercepat pesawat. Eksperimen ini ditujukan untuk melihat apakah layar tersebut bisa membantu satelit di orbit Bumi.

Wow keren khan???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s