FISIKA GASING : HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM DAN TORSI

Oleh

FERINA SAFITRI. N

Kelas X-A SMK NUSA BHAKTI BANDUNG

Ilustrasi : Main gasing

Pernahkah anda bermain gasing?apa yang terjadi ketika gasing tersebut diputar? Bagaimana perilakunya ketika gasing berputar tanpa mendapatkan gangguan apapun dari luar? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin sering terlontar dalam benak anda. Dan bagaimana penjelasan ilmiah permainan gasing tersebut.

Hukum Torsi

Menurut hukum torsi, besarnya jarak sumbu putar gasing dengan bagian terluar gasing akan mempengaruhi kecepatan putar gasing tersebut. Semakin besar jaraknya semakin lambat gasing berputar, semakin kecil jaraknya semakin kencang gasing berputar.

Selain faktor jarak antara sumbu putar dengan jarak terluar gasing, torsi dipengaruhi oleh besarnya gaya yang arahnya tegak lurus terhadap sumbu putar. Pada permainan gasing besarnya gaya tersebut diterjemahkan sebagai besarnya gaya tolakan awal ketika melepas gasing. Semakin besar gaya tolakan yang kita berikan, semakin besar torsi gasing yang pada akhirnya semakin besar kecepatan yang akan dihasilkan begitupun sebaliknya, semakin lemah kita memutar gasing semakin lambat pula kecepatan yang dihasilkan.

Ketika gasing berputar, bila tidak ada gaya tambahan dari luar artinya kita tidak memberikan pengaruh apapun terhadap gasing. Momentum sudut yang ada di gasing bersifat kekal momentum sudut merupakan perkalian antara momen inersia dengan kecepatan sudut momen inersia merupakan ukuran inersial sitem, untuk berotasi terhadap sumbu putarnya.

Perubahan momen inersia itu berpengaruh pada perubahan kecepatan sudut. Padahal ini akan terlihat perubahan kecepatan putar gasing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s