Indahnya Saling…….(Kalahkah sama semut???)

Pada kondisi pikiran yg lagi stak, iseng saja mengamati perilaku sekawanan semut, yg berduyun2 dengan rapih & bergembira  hilir -mudik kesana -kemari di sebuah pojok halaman rumah, kalau diamati dengan seksama, sungguh unik dan luar biasa sikap dan perilaku dari sekawanan semut tersebut. Setiap bertemu dengan kawan/saudaranya yang lain mereka senantiasa bersalaman satu sama lain,bertegur sapa ato mungkin juga mereka saling menanyakan kabar y?!  hehehe…..

kemudian ketika temannya sedang kesulitan memikul beban dari yg dibawanya, tanpa diminta bantuan teman yang lainny datang dengan segera membantu memikul beban yg dibawa temanny tsb secara bersama-sama. Kemudian ketika ada yg terluka, sebagian temannya mengerumuni semut yg terluka tersebut, Aku pikir mereka lagi memberikan motivasi, menanyakan keadaaan si semut yang terluka & kalau diperlukan mereka akan segera memberikan bantuannya.

Fenomena tersebut membuatku takjub,& iri pada semut…..
Subhanallah…….Bisakah manusia bersikap seperti itu?! Sungguh indahny?!
Mereka begitu harmonis dan hidup rukun antara saudaranya sesama semut
mereka saling tolong menolong, saling sepenanggungan, saling menghargai & saling berempati dengan saudara-saudaranya yang lain. Padahal mereka tidak sekolah ataupun kuliah…..iya gitu???Apa ada sekolahan semut gitu?! Hehehe……

Sangat kontradiksi dengan sikap&perilaku manusia dengan saudaranya sesama manusia yang katanya memiliki kelebihan akal/pikiran, hati & jasad. Tidak sedikit mereka saling sikut, saling menjatuhkan, saling menjelekkan/melecehkan, fitnah sana-fitnah sini, saling serang-menyerang & mereka baru mau menghargai/saling menghormati hanya dengan saudara sesama manusia yang memiliki status social yang sama/lebih tinggi baik dinilai dari harta, tahta & status sosial yang lainya….. kalau yang status sosialnya lebih rendah mereka lecehkan…. serasa menjadi manusia yang paling sempurna & paling mulia……. (Tentunya tidak semuanya seperti itu)

Astaghfirullah…..padahal setiap manusia itu mempunyai hak yang sama untuk dihargai/dihormati meskipun dia dilahirkan di emperan/sbg orang yg kurang beruntung, karena mereka sama2 makhluk ciptaan Tuhan YME, yang memiliki kekurangan/kelebihan masing2 & tidak bisa hidup sendirian…..

pantaskah manusia bersombong/berbangga diri? Astaghfirullah…….

Marilah kita belajar pada semut tuk bersikap pada saudara/i kita sesama manusia & sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s