Tadinya sih mau ngirit… Eh, malah ke jepit….

Sepulang dari laboratorium, aku mampir dulu ke salah satu swalayan….rencanany sih ingin beli susu bubuk.

Jadi begitu masuk ke swalayan ya langsung ke lemari tempat susu bubuk tersebut. Tepat di bawah kemasan susu bubuk tersebut tertera harganya Rp. 55.500. Aku ambil satu kemasan saja. selanjutnya mencari beberapa keperluan lainnya yangg hendak dibeli. Setelah semua keperluan sudah di tangan, aku langsung saja menuju kasir. Dalam perjalanan menuju kasir terlihat dengan sangat jelas karena menggunakan tulisan yang cukup besar, ada discount untuk susu bubuk yang persis yg akan dibeli.  Harganya menjadi Rp. 46.600, dengan secepat kilat aku ambil kemasan susu bubuk dengan harga discount tersebut. Kemudian kemasan  susu bubuk yang telah diambil sebelumnya aku simpan kembali ditempat yg semula.

Selanjutnya langsung saja ke kasir dan membayar semua barang-barang yang telah aku ambil dengan tingkat kepercayaan 100% kepada pihak swalayan. Setelah tiba di rumah,  ibu ku bertanya ” Berapa harga susu bubuk ini, Sep?” dengan tenang aku menjawab “seharusnya sih Rp. 55.500 tapi berhubung ada harga discount menjadi Rp. 46.600, kalau tidak percaya boleh dilihat di struknya nih!” ( sambil melihat sekilas struk tersebut). Aku sangat terperangah ketika melihat harga susu tersebut di struk ternyata harganya masih Rp.55.500 bukan Rp.46.600.  Selisih harganya Rp. 8.900 ( lumayan 1 item selisihnya segitu apalagi 10 item barang dengan harga discount yang kita beli).  Tapi berprasangka positif saja, mungkin program untuk pendeteksian harga yang digunakan di komputer kasir belum dirubah atau komputernya error…..🙂

Salah satu pelajaran  yang bisa diambil dari kejadian ini adalah hendaknya kita check ulang lagi harga yang tertera di lemari barang dengan harga yang tertera di komputer kasir atau struk, sebelum kita membayarnya.

Leave a Reply

