Hikmah dari sebuah kegiatan jogging……….

Hikmah dari sebuah kegiatan jogging……….

Setiap waktu senggang biasanya aku pergi jogging ke pegunungan manglayang, kebetulan rumahku dekat dengan perbatasan antara kota madya dan kabupaten. Suatu hari aku pergi jogging, singkat kata sampailah di suatu tempat. Karena cape dan haus maka aku putuskan untuk bersinggah dulu sejenak di sebuah warung. Aku duduk di sebuah bangku dari kayu tepat di depan warung sambil memandangi pemandangan alam pegunungan nan indah…… angin bertiup sepoi-sepoi, daun-daun melambai-lambai seakan-akan mereka memanggilku dan mengajak untuk  berkenalan….heheheh….. kicauan burung melengkapi keindahan alam yang menunjukkan kemahaagungan Sang Pencipta Yang Maha Segalanya. Alam semesta ini tak mungkin tercipta secara kebetulan. Karena yang namanya kebetulan tidak akan terjadi terus menerus berulang dengan hasil sesempurna itu. Pasti dibelakang  itu semua ada sesuatu kekuatan yang luar biasa diluar jangkauan manusia/makhluk. Tak terasa tetes demi tetes cairan keluar dari tubuhku. Aku tidak tahu dengan pasti sudah berapa  molekul H2O dan garam-garam mineral yang telah keluar dari tubuhku dalam bentuk keringat…….. 🙂

Sementara  memandangi pemandangan alam nan indah sambil meng-upgrade energi tubuh dengan beberapa material yg mengandung karbohidrat, lemak, protein (gorengan) dan H2O plus mineral2;  aku dikejutkan dengan sebuah suara sapaan dari seorang kakek , sapa beliau, “Atos olahraga, Cep?”  singkat kata singkat cerita terjadilah sebuah percakapan. Biar tak terlalu panjang, ada pun poin-poin isi percakapan tsb :

  • Ternyata beliau adalah mantan ketua RW di wilayah salah satu pemerintahan kabupaten
  • Pada masa pemerintahannya beliau telah berhasil memperjuangkan pembangunan infrastruktur jalan beraspal ( awalnya jalan tanah setapak), pengairan buat warga, dan listrik.
  • Kemudian untuk ngasih konsumsi buat pekerja yang membuat jalan dan bak penampung air tsb, beliau rela menjadi tukang cangkul dan mengorbankan harta kekayaannya tanpa minta/ pungutan kepada warganya. Karena menurut beliau isi dari sebuah kepemimpinan adalah perjuangan, pengabdian dan pengorbanan
  • Beliau berhasil menginisiasi adanya tabungan warga  “ gerakan sehari secangkir beras/semampunya” dan membuat kolam ikan warga. Dimana tabungan tersebut dapat  diambil ketika bulan ramadhan/hari raya idul fitri tiba. Hal tersebut sangat membantu & meringankan warganya terutama dalam persiapan materi untuk bulan ramadhan/idul fitri.
  • Dan yang terakhir beliau sangat menaruh harapan besar kepada pemuda/i terbaik bangsa khususnya kepada kaum mahasiswa apalagi mahasiswa itb ( kebetulan pada waktu itu statusku masih mahasiswa…..heheheh…… ) untuk menjadi pejuang bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara ( makna/penjabarannya cukup panjang), serta menjadi pemimpin yang jujur, mengutamakan kepentingan rakyat, adil, dan amanah.

Karena sudah terdengar suara adzan dzuhur, diskusi singkat tersebut kami akhiri, kemudian aku pamitan. Dari sorotan matanya terlihat pancaran harapan besar dan seakan-akan beliau ingin mengatakan teruskanlah perjuanganku…….

Adapun kata-kata beliau yang terpatri dan tertancap kuat dalam ingatan, pikiran, jiwa, dan ragaku adalah”

“…………… isi dari sebuah kepemimpinan adalah perjuangan, pengabdian dan pengorbanan”

Semoga bermanfaat…….!!!

Terima kasih

2 thoughts on “Hikmah dari sebuah kegiatan jogging……….”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s